Hikayat Mudik

Fiuhh… Akhirnya nyampe juga gw di Bogor.
Mudik emang melelahkan!
Tapi kenapa ya semua orang bela2in bwt mudik?

Kalo gw sih sebenernya–dari lubuk hati yang paling dalam–ogah banget mudik! Why? Pastinya karna males banget sama kerumitan2nya. Males karna mesti pesen tiket, ngantri, berdesak2kan, kena macet, ada resiko kecelakaan, ada resiko nyasar, ngeluarin duit banyak, dsb.. dsb… yang pasti nilainya ga sebanding sama yang didapet begitu nyampe kampung halaman.

Berdasarkan berbagai buku yang gw pelajari seperti buku agama, buku sejarah, jurnal penelitian, UUD ’45, TTS, gulungan lontar, dan tissue toilet, asal usul mudik itu bermula dari adanya anjuran dalam Agama Islam bahwasanya Orang Islam itu supaya mempererat tali silaturahmi begitu Idul Fitri tiba. Maksudnya sekalian biar bisa merayakan kemenangan bersama keluarga. “Nah karena keluarga adalah yang paling dekat hubungan darahnya maka berkumpulah kalian dengan keluarga!” Gitu kata Pa Ustad.

Itu alasan pertama.

Alasan kedua:
Pada dasarnya orang indonesia sebagian besar lebih pewe tinggal di kota daripada kampung sehingga dengan berbangga ria mereka meninggalkan kampung halaman atau orang tua dan keluarganya demi pencapaiannya. Makanya ngga aneh kalo kota jadi penuh sama orang2 urban dan makanan2 enak. (ga nyambung, ya?). Yaa.. kira2 gitu deh!

Oya adalagi! Alasan ketiga: Orang indonesia itu lebih suka pamer diri sama hasil pencapaian dan kesuksesannya, terutama pada orang tua atau keluarganya. Karena pada awalnya tujuan mereka ke kota adalah untuk mencapai.

Makanya mereka seneng banget sama mudik. Jadi selain menunaikan tujuan silaturahmi, mereka juga sekalian ngasi liat ke DuniaKampungHalamannya akan pencapaian2nya selama ini. Wadefak!?
Makanya mereka rela mati2an biar bisa mudik. Sampe2 kalo pencapaiannya ga gape, mereka milih ga mudik >> lupa sama alasan pertama.

Trus kalo gitu, kenapa gw mudik juga?

Klise.
Gw kesepian di Bogor.

Mo gimana lagi, temen2 gw pada pulang mudik semua, jadi ga ada temen ngobrol, ga ada temen nongkrong, ga ada yang mau nemenin gw, yang jualan pecel lele juga ga ada, yang jual nasi goreng juga menghilang, Trus.. kalo gw tetep di Bogor, gw makan siapa?

Ditambah lagi Komplek makin sepi, kerjaan juga diliburin, mana duit THR banyak di kantong tapi badan nganggur. Weleh weleh… So daripada gw kesepian trus ngikut sarannya OmOmBuncit bwt ngamar di hotel sama ce ce ga jelas. Mendingan gw juga ikutan mudik sekalian!
Maka semakin ramailan perjalanan mudik 2006 dengan ngikutnya spesies gembel pada ngikut mudik.

Dan alasan gw ini juga yang mendorong Kaum Males Mudik jadi ikut2an mudik. Trus sama orang2 > mudik pun dijadiin sebagai budaya orang indonesia yang perlu dilestarikan. Huh!

Nah bwt generasi2 sekarang: Gw saranin elo semua ga usah ikut2an ngelestariin budaya gila ini. Buang2 waktu, ga efektif, penuh kepalsuan, highcost, dan ngerepotin. Mendingan lebaran lah di tempat tinggal anda sekarang saja, perbaiki lagi hubungan sama tetangga supaya hilang semua kegalauan hati. Biar rame >> ajak tetangga se-erte ngumpul bwt silaturahmi. Kelaurga di kampung? >> cukup hubungi via internet, telepon, or videocall. Jadi kan kalo ga penting2 amat, ga perlu dateng berkunjung!

Nah, selamat mencoba ERA BARU TANPA MUDIK!

Tinggalkan Balasan

