Archive for Januari 31, 2007

Malam yang Panjang: Busway Sucks!

Hai.. kali ini tentang perjalanan pulang gw ke Bogor!

Sore tadi gw cabut dari Indramayu naek Cirebon Express seperti biasanya. Malangnya tadi ada penundaan jadwal sampe sejam karna ada gerbong yang keluar rel di daerah Cirebon. *Sigh* Tahu gitu gw naek bis aja…

Kalo pake jadwal biasa, gw bisa nyampe Gambir jam 18.00, tapi kali ini gw baru nyampe jam 19.30. Telat banget deh. Dan yang pasti itu berarti ga ada lagi KRL AC Pakuan yang beroperasi.

 

Naek KRL Ekonomi? Ngga deh…
Ada yang lebih menarik daripada itu…
Yaitu >>>
Sarana transportasi alternatif kebanggaan warga Jakarta yang bosen sama kemacetan. Yup! TransJakarta alias Busway.

Gw pingin nyoba pake Busway dari Gambir ke Cawang UKI. Kebetulan tiga hari lalu baru dibuka beberapa koridor baru, dan salah satunya bisa nyampe ke Halte UKI. Mari qta buktikan dengan 3.500 perak gw bisa keliling jakarta!

Gw mulai dari Halte Gambir menuju Halte/Terminal Transit Harmoni (sejauh ini lancar2 aja). Berikutnya dari Halte Harmoni melalui jalanan Sudirman dan Thamrin menuju Halte Dukuh Atas (masih lancar)

Di terminal Transit Dukuh Atas ternyata gw harus menyeberangi jembatan kaleng yang lumayan jauh menuju Halte Dukuh Atas 2. Ga kayak di halte2 sebelumnya, di situ gw harus nunggu Bus TJ sampe 15 menit (melenceng dari standar Busway). Begitu dateng busnya yang ternyata kosong, langsung deh keisi penuh sama penumpang yang udah berjubel dari tadi.

Perjalanan berikutnya gw harus transit lagi di Halte Matraman. Sialnya di Halte Matraman nasib gw lebih buruk lagi. Begitu nyampe ternyata langsung ada bis tapi padet bgt didalemnya. Gw dan beberapa orang ga mungkin bisa masuk. So gw ngalah nunggu bis berikutnya.

10 menit berlalu… gw mulai pegel

20 menit…   calon penumpang yang laen mulai pada menggerutu dan kesel

30 menit…    makin ga jelas. beberapa orang ambil inisiatif keluar dari halte trus nyari Bus Kota biasa

40 menit… “gw rasa nungguin TJ terus bukan ide yang bagus”. Maka gw juga keluar dari situ dan naek Bus Kota biasa menuju Cawang UKI.

 

Sial bgt gw. Tambah lagi hujan mulai turun. Dan seperti kebiasaannya jakarta, kalo ujan turun pasti macet! FYI, Bus TJ belum juga dateng sampe gw di atas Bus Kota itu.

Akhirnya gw nyampe di Cawang UKI jam 21.30m padahal kalo gw naek KRL Ekonomi mungkin udah dari tadi gw nyampe Bogor. *kesel*

Jam 22.30 gw sampe juga di Bogor.

Ngga sempet makan malam…

Bener2 perjalanan yang melelahkan!

Leave a comment »