Slumdog Millionaire is A TRIUMPH!

Keren!
Gokil Abiezzs..!! Two Thumbs Up!

Gw rasa, ngga salah klo film ini bisa jadi BestDramaFilm di ajang GoldenGlobe dan akhirnya dinominasikan juga untuk 10 kategori pada ajang AcademyAward Februari mendatang. Sekalipun ‘masih’ bersaing sama The Curious Case of Benjamin Button yang kali ini mengantongi 13 nominasi Oscar, gw tetep yakin Slumdog Millionaire bisa tetep jadi TheBestMovie of The Year.

Slumdog Millionaire memang bukan proyek main2. Berkali2 gw terkagum2 sama kemampuan DannyBoyle–Sang Sutradara– yang bisa mengendalikan seluruh ceritanya jadi sedemikian detil, dinamis, utuh, dan tidak bertele-tele. Apalagi Sutradara asal Inggris ini bekerja total di negeri orang bareng aktor2 dan filmis2 asal India. Mantap!

FYI, film ini adalah adaptasi dari novel berjudul ‘Q and A’ karya diplomat India Vikas Swarup tapi kemudian diskenariokan kembali secara cemerlang oleh Simon Beaufoy. Sekalipun film ini bercerita tentang india, tapi ditangan scriptwriter Hollywood ini, kisah ini menjadi sangat sangat emosional! Gw bener2 suka gaya penceritaannya.

Mumbai 2006,
Jamal Malik is one question away
for winning 20 million Rupees.
How did he do it?
[A] He cheated
[B] He's Lucky
[C] He's a genius
[D] It is written

Tagline awal cerita inilah yang akan mengantarkan kisah hebat ini:

Bercerita tentang Jamal Malik–seorang bocah yang berasal dari wilayah kumuh Mumbai, India–yang tengah berkompetisi dalam acara ‘Who Wants To Be Millionaire’ (versi India tentunya). Namun sayang, setelah kelihaiannya menjawab semua pertanyaan dan memperoleh 10 juta Rupee, dy malah dituduh menipu dan bermain curang. Seminggu sebelum menghadapi pertanyaan final senilai 20 juta Rupee, dy malah disekap di kantor polisi u/ diinterogasi dan disiksa supaya mengakui kecurangannya dalam acara itu.

Hehehe.. Siapa sih yang percaya anak jalanan yang SD pun ga lulus bisa menjawab semua pertanyaan di kuis bergengsi sekelas ‘Who Wants To Be Millionaire’?

Nah… berawal dari situlah semua cerita bergulir. Diakuinya bahwa semua jawaban dari pertanyaan pada kuis tersebut didapatnya secara tidak sengaja berdasarkan pengalaman pribadinya dari kecil hingga menjadi remaja semasa menjadi anak jalanan. Ya! gw bisa simpulin kalo kisah perjalanan hidup Jamal sebagai kepingan2 mozaik yang terkumpul sebagai jawaban atas pertanyaan2 pada acara kuis itu.

Mungkin yang gw ngga habis pikir… gimana bisa semua jawaban itu muncul berurutan sesuai dengan urutan pengalaman hidupnya? *geleng2 pala* I have no idea…

Sekalipun kisah kehidupan Jamal kecil beserta kakaknya Salim cukup pahit tapi kepolosan tingkah laku kakakberadik ini penuh kejutan dan bisa mengundang gelak tawa. Hehehe.. Lima belas menit pertama, qm pasti terpingkal-pingkal melihat ulah JamalKecil saat meminta tanda tangan Aktor pujaannya yang adalah petunjuk jawaban pertama pada kuis yang akan diikutinya 15 tahun mendatang. Sangat menghibur!

Kalo kalian pernah baca Edensor pada tetralogi Laskar Pelangi, maka kira2 seperti itulah pesan film ini. Tapi jangan kuatir… endingnya sangat memuaskan! Bagi yang merasa kehilangan feel-nya Bollywood karena ga ada nyanyian2 dan goyangan ala film India, di CreditTitle akhir… itu akan disajikan.

Seperti gw bilang, film ini sangat dinamis! Selain cinematographynya sangat bagus, musiknya juga sangat atraktif. Ga salah kalo AR Rahman bisa menyabet Penata Musik terbaik di ajang GoldenGlobe Kemaren. Dan 3 dari 10 nominasi Oscar Slumdog Millionaire adalah untuk hasil karya musisi India ini, yaitu 2 u/ lagu ”Jai Ho” dan ”O Saya” di kategori lagu film terbaik, dan 1 u/ musik film terbaik.

Sekalipun menonjolkan sisi buruk Mumbai sehingga film ini banyak mendapat kritikan dari para kritikus India, tapi kerja keras Danny Boyle ini mendapat sambutan meriah dimana2. Ga salah kalo para kritikus berharap besar pada suksesnya film ini di ajang Oscar juga.

Kita lihat saja!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: