Rekonstruksi Blog

Okeh…

Gara2nya akun blog gw di FS udh melebihi kapasitas 50 MB.

AndreeBlog: Perjalanan Hidup Seorang GembelMuda mulai sekarang pindah alamat, dari andriapriyadi.blog.friendster.com ke gembelmuda.blog.friendster.com.

Busyet dah! bikin blog aja bisa nyampe 54,38 MB >> makanya gw juga ga percaya!

So, daripada nanti gw ga bisa posting lagi > akhirnya gw coba bwt nghapusin image2 yang ada di Blog tercinta ini. (Coba deh peratiin, semua image di postingan lama udh pada gw ilangin!)

Ternyata eh ternyata… ini ga ngaruh sama sekali!

Setelah semua image gw hapus, perubahan StorageSpace yang gw pake cuma berkurang 2 MB. Gw akhirnya coba hapus di bagian MediaLibrary-nya juga >> TAPI GA NGARUH!

Bingung sama masa depan blog gw ini…, akhirnya gw coba bikin backup blog di Blogspot (ini alamatnya http://gembelmuda.blogspot.com). Isinya sama aja sih, malah tadinya gw mo coba eksport semua conten di FSblog ini ke situ. Tapi ternyata format file .xml Blogspot-nya ga kompatibel sama FSblog.

Setelah dipikir2 lagi… gw baru inget kalo di jamannya FS awal2 dulu, gw pernah bikin PhotoAlbum di FS. Di situ gw simpen foto2 gw buanyaak bgt n gw pajang di Blog yang lama >> mungkin ini yang ngabisin StorageSpace-nya!

Tapi sayang… setelah beberapa kali schedule maintenance, rupanya link ke PhotoAlbum di FS versi sekarang udah ga ada lagi. Mungkin ada tapi disembunyiin sama Admin-nya. Nah, gw jadi bingung gimana cara nghapus foto2nya!

Karna ga nemu cara lain >> maka cara satu2nya adalah menghapus blog ini secara permanen dan bikin lagi di alamat yang baru (ternyata bisa lho.. sekalipun masih dalam akun FS yang sama).

Ini gw kasi tau triknya bwt MEMINDAHKAN BLOG:

  1. Eksport Content: Buka Dashboard Blog-nya cari tab Manage dan klik link Export, tekan tombol [Download Export File] dan simpan file .xml nya di hardisk komputer.
  2. Hapus Blog: Klik menu Settings sebelah kanan atas dashboard trus pilih Delete Blog trus klik tombol [Delete Blog Permanently]. Nantinya qm bakalan diminta menghapus blog ini secara permanen dari email konfirmasi yang akan dikirim sama FS. Klik link di email tsb > nah.. blog terhapus secara permanen.
  3. Log out: Setelah Blog terhapus, log out-lah dari FS. Setelah beberapa saat coba lagi login dengan akun yang tadi.
  4. Buat Blog Baru: Buatlah blog dengan nama yang lain di akun itu, setingan dan segala macamnya terserah qm.
  5. Import Content: Buka Dashboard Blog-nya cari tab Manage dan klik link Import, pilih link WordPress paling bawah, browse file .xml tadi lalu tekan tombol [Upload File and Import]. Tunggu agak lama sampe semua content postingan ditampilkan.
  6. Blog Baru siap: Blog dengan postingan yang lama sekarang sudah pindah ke alamat baru.

Tips MENGHEMAT SPACE BLOG:

  1. Ketika menyelipkan gambar, usahakan jangan menguploadnya langsung dalan akum FS. Manfaatkan situs2 penyimpanan gambar seperti Flickr, uploadlah gambar qm disitu dulu.
  2. Setelah diupload di dalam Flickr, coba buka gambar tersebut. Lalu di atas gambar itu > klik kanan mouse dan copy link lokasi gambarnya.
  3. Kembali ke area postingan FS > klik tab Add an Image pada Add Media di kanan atas area post > Paste link itu di kolom Source. Lalu [Insert into Post]
  4. Gambar akan ditampilkan dalam postingan dengan source dari Flickr qm! Hemat bukan?
  5. Hal yang sama bisa juga diterapkan pada saat menyelipkan video dari Youtube. Tinggal copy format embed-nya di Youtube. Ubah postingan di FS dalam bentuk HTML, baru lah embed-nya diselipkan ditempat yang qm inginkan.

Tinggalkan Balasan

