Slumdog Millionaire: Berjaya di Oscar juga!

22 Februari 2009,

Perhelatan akbar 81st Academy Awards akhirnya berlangsung sukses pada Minggu Malam kemaren di Los Angeles.

Dan hasilnya…

Sesuai perkiraan gw dan juga banyak kritikus lainnya: Setelah berjaya di Golden Globe kemaren, kisah Jamal Malik memenangkan kuis ‘Who Wants To Be Millionaire‘ dalam Slumdog Millionaire akhirnya kembali berjaya!

Menyisihkan pesaing terberatnya yang mengantongi 13 nominasi Oscar, The Curious Case of Benjamin Button, akhirnya Slumdog MillionaireSlumdog Millionaire: menyabet 8 Oscar dari 10 yang dinominasikan pada film ini. Ini dia beberapa pencapaian yang diraih

  1. Film Terbaik: Slumdog Millionaire (Fox Searchlight)
  2. Sutradara Terbaik: Danny Boyle
  3. Skenario Adaptasi Terbaik: Simon Beaufoy
  4. Sinematografi terbaik: Anthony Dod Mantle
  5. Sound Mixing: Ian Tapp, Richard Pryke, dan Resul Pookutty
  6. Film Editing: Chris Dickens
  7. Original Score: AR Rahman
  8. Original Song: ‘Jai Ho’ dari film Slumdog Millionaire

Produser Slumdog Millionaire menerima penghargaan Best Picture. Di belakangnya berdiri cast dan kru dari film peraih 8 Oscar tersebut

Kalau saja kategori Sound Editing gak jatuh pada The Dark Knight, Slumdog Millionaire bisa menjadi film hollywood pertama yang menyapu bersih seluruh Oscar yang dinominasikan.

Eniwei… Slumdog Millionaire dibuat dengan biaya hanya sekitar 7-8 juta poundsterling (Rp 120-140 miliar), dan sebelum memenangi Oscar, film ini sudah mengantongi 110 juta poundsterling (Rp 1,8 triliun) di seluruh dunia . Tapi kemenangannya di Oscar bisa  membuat Slumdog Millionaire masuk pasar Amerika Serikat yang sangat besar.

Tahun lalu, produser Slumdog Millionaire bersusah-payah mbujuk distributor di Amerika Serikat. Malahan sempat muncul ide agar film ini langsung dipasarkan dalam bentuk DVD, nggak lewat bioskop dulu, yang pastinya pemasukannya bakal jauh lebih kecil.

Akhirnya, sebagai film asing, sejak November lalu Slumdog Millionaire hanya diputar di 10 bioskop Amerika Serikat. Baru setelah pengumuman Oscar, film ini bakal diputar dalam skala penuh.

Pemeran anak2 di Slumdog Millionaire berpose di Red Carpet

Meskipun sukses, kabar ironis mewarnai keberhasilan film ini: Beberapa bintang–terutama bintang ciliknya–ternyata masih ada yang tinggal di bawah garis kemiskinan.

Azharuddin Mohammed Ismail misalnya, yang berperan sebagai Salim kecil, kakak Jamal. Saat ini bocah berusia 10 tahun itu masih hidup sama seperti apa yang lakoni di film tersebut.

Azharuddin tinggal di daerah kumuh Behrampada, Mumbai. Rumah tempatnya bersama keluarga masih sangat jauh dari kata layak.  Sangat timpang dengan kehidupan sang bintang utama Dev Patel pemeran Jamal dewasa yang selalu bergaya necis ketika menghadiri sebuah pesta penghargaan.

Selain Azharuddin, kehidupan pemeran Latika kecil Rubina Ali juga gak kalah menyedihkan. Gadis berusia sembilan tahun itu tinggal tak jauh dari Azharuddin. Bahkan ayahnya, Rafiq Ali Kureshi yang ikut berakting di film yang disutradarai Danny Boyle itu, kakinya patah saat melakoni sebuah adegan. Hingga saat ia masih belum bisa melanjutkan mata pencahariannya sebagai tukang kayu.

Tapi untunglah, kabar terbarunya para aktor2 cilik ini bakalan dihadiahi rumah oleh seorang pejabat India.

Mudah2an saja!

PS.

Summary perolehan nominasi Oscar untuk masing2 film
The Curious Case of Benjamin Button – 13
Slumdog Millionaire – 10
Milk, The Dark Knight – 8
Wall-E – 6
Frost/Nixon, The Reader, Doubt – 5
Revolutionary Road, Changeling – 3
Frozen River, The Wrestler, The Duchess, Iron Man, Wanted – 2
Rachel Getting Married, The Visitor, Vicky Christina Barcelona, Tropic Thunder, Happy-Go-Lucky, In Bruges, Bolt, Kung Fu Panda, Australia, Defiance, Hellboy II – 1

Summary perolehan pemenang Oscar untuk masing2 film
Slumdog Millionaire – 8
The Curious Case of Benjamin Button – 3
Milk – 2
The Dark Knight – 2
The Reader – 1
Vicky Christina Barcelona – 1
The Duchess – 1
Wall-E – 1

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: